web usability (terakhir)

untuk postingan terakhir ini , saya akan membahas usability Jemanoshop dengan 10 heuristic evaluation.

1. visibility of system status.

disini tampak terdapat judul web yang menggambarkan konten.

2. match between system and the real world

disini sistem menggunakan icon-icon yang umum digunakan sehingga cukup mudah dan sesuai dengan keadaan nyata. menu juga berbentuk pada umumnya.

3. user control and freedom.

di Jemanoshop user mengambil peranan penuh. sistem hanya mengarahkan pengguna untuk melakukan transaksi. jika dalam transaksinya pengguna ingin membatalkan pun bisa dengan mudah. untuk kembali ke halaman sebelumnya atau kembali ke menu sebelumnya, disitus ini juga disediakan breadscrumbs.

4. consistency and standard

secara keseluruhan web ini konsisten , ukuran, warna font, dan judul halaman. tetapi untuk pemilihan bahasa masih kurang. karena ada beberapa yang berbahasa indonesia dan ada satu bagian task yang menggunakan seluruhnya bahasa inggris.

5.help user recognize and recovers from errors

muncul pop up window untuk kesalahan tertentu atau peringatan diatasnya jika login. pengguna masih dapat login pada halaman semula tanpa melakukan suatu pekerjaan lebih

6. error prevention

tidak ada error prevention dari situs ini, tidak ada keterangan lengkap tentang batasan-batasan inputan data.

7. recognition rather than recall

pilihan-pilihan disini terlihat, sehingga pengguna tidak perlu mengingat-ingat. menu dan kategori selalu muncul di judul dan di breadcrumbs. produk yang baru saja dilihat juga dapat dilihat kembali pada bagian ‘paling sering dilihat’.

8. flexibility and minimalist design

terdapat paging pada galeri sehingga tidak panjang kebawah. kebanyakan tidak berhalaman panjang sehingga mudah dilihat.muncul dialogbox jika terjadi kesalahan . dapat menggunakan keyboard untuk beberapa fungsi sehingga lebih mudah.

9. Aesthetic and Minimalist Design

untuk desain user interface cukup simple, tidak terlalu banyak warna. hanya ada bagian dimana warna font dan background yang tidak pas sehingga tulisan tidak terbaca. judul cukup jelas, tetapi masih kurang menjadi perhatian karena ukuran dan warna nya yang kurang bold.

10.help and documentation

disini tiap cara penggunaan bahkan dibuat menu sendiri. jadi untuk help cukup bagus. informasi juga mudah ditemukan. dokumentasi bagus.

sekian

1 Comment so far

  1. meriska.defriani08 on January 27th, 2011

    hei Retno Larasati..
    thanks for being my inspiration..
    :)

Leave a reply