memorability, error, dan satisfaction

poin ketiga pada bagian usability menurut nielsen adalah memorability. memorability adalah ketika pengguna kembali menggunakan website setelah jangka waktu yang lama tidak menggunakannya, bagaimana dapat dengan mudah membangun kembali kemampuan mereka?  secara garis besar Jemanoshop memiliki memorability yang baik. ini dikarenakan Jemanoshop tidak memiliki banyak fitur atau fungsi-fungsi, sehingga mudah bagi pengguna untuk mengingat kembali.

apalagi untuk pengguna internet yang sudah terbiasa dengan belanja online, tentu sangat mudah.

untuk error, dari beberapa task yang dicoba ,misal tidak mengisi form, maka akan muncul alert window. setelah di kli maka akan kembali ke halaman sebelumnya. jadi error preventionnya juga cukup bagus.

untuk satisfaction, atau kepuasan dalam memakai ditentukan oleh pemakai itu sendiri. dalam penggunaannya user akan merasa puas, jika jalannya semua prosedur lancar dan mudah. disini karena prosedur mudah sehingga mungkin user merasa puas. dilihat dari website nya yang kurang “oke” dari segi desain tampaknya user sedikit kurang puas.

No Comment

No comments yet

Leave a reply