Efisiensi

Setelah pada posting sebelumnya saya membahas learnability, pada posting ini saya akan membahas efisiensi dari situs e-commerce Jemanoshop .

efisiensi dapat dilihat dari seberapa cepat pengguna dapat menyelesaikan task-task nya.

sebagai contoh dari efisiensi, disini saya akan mencoba 2 task untuk dilakukan. pertama, melihat-lihat barang dan yang kedua membeli barang.

untuk melihat-lihat gambar caranya terbilang mudah, cukup di klik gambar dan langsung masuk ke bagian detail gambar. jika pengguna ingin melihat gambar lainnya dari situ juga dapat dengan mudah memilih dari gambar yang disediakan di bagian ‘same category’ , maupun dapat kembali menggunakan jejak yang sudah disediakan diatas. banyak disediakan pilihan cara untuk user.

untuk memesan barang user juga dimudahkan. di halaman galeri detail tas , langsung terdapat tombol add to cart. dari situ user akan masuk bagian shopping cart summary yang bisa melanjutkan berbelanja kembali atau langsung membeli barang tersebut. jika langsung membeli maka user akan melanjutkan langkah-langkah untuk membeli barang. terdapat 5 langkah yang step-stepnya muncul diatas. step-step nya adalah

* Shopping Cart Summary
* Login
* Address
* Shipping
* Payment

disini langkah-langkah yang dilakukan cukup mudah, bahkan jika user belum login ataupun belum memiliki akun. Jemanoshop juga menyediakan pembelian barang tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. jika yser belum login , user dapat langsung login pada form login yang disediakan di form pemesanan. setelah login pun user langsung ter-direct ke halaman sebelumnya. disini dinilai cukup efisien karena user tidak perlu membuka halaman baru untuk login ataupun membuka halaman pemesanan untuk kembali.

secara keseluruhan Jemanoshop efisien.

No Comment

No comments yet

Leave a reply