jemanoshop -tas online-

Perkembangan jaman diikuti teknologi telah membawa perubahan pesat dalam banyak bidang, salah satunya pada bidang jual beli. Bidang jual beli menjadi semakin menarik dapat dilihat bahwa sampai saat ini bahkan perkembangannya hingga tahap jual beli online. Hal tersebut lantas memberi penjelasan bahwa website pun menjadi aset yang begitu penting bagi perusahaan/merk dagang online.

sebelum melakukan kajian terhadap website dari Jemanoshop, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu ttg usability

Usability dapat diartikan secara singkat yakni kemampuan user dapat belajar dan menggunakan sebuah produk untuk mencapai tujuan yang diharapkannya disertai dengan seberapa baiknya pengalaman yang diperoleh user saat produk tersebut digunakan. Pada hal ini usability produk yang ditinjau adalah berupa website.

dari Galitz, Usability adalah atribut kualitas yang menilai seberapa mudah user interface untuk digunakan.

Bennett (1979) adalah orang pertama yang menggunakan istilah usabilty untuk menggambarkan efektivitas kinerja manusia. Pada tahun-tahun berikut definisi yang lebih formal diusulkan oleh Shackel (1981) dan dimodifikasi oleh Bennett (1984). Shackel (1991) hanya didefinisikan kegunaan sebagai “kemampuan untuk digunakan oleh manusia dengan mudah dan efektif, di mana,
mudah = ke tingkat tertentu penilaian subjektif, efektif = ke tingkat tertentu kinerja manusia. ”
Dalam beberapa tahun terakhir lebih deskripsi tertentu telah disajikan. Nielsen (2003) menunjukkan kegunaan ini memiliki lima komponen kualitas:

  • Kemudahan dipelajari (Learnability) : Seberapa mudah bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas-tugas dasar saat pertama kalinya mereka menemui desain tersebut ?
  • Efisiensi : Setelah pengguna telah belajar desain, seberapa cepat mereka dapat melakukan task-task ?
  • Memorability : Ketika pengguna kembali menggunakan desain setelah jangka waktu yang lama tidak menggunakannya, bagaimana dapat dengan mudah membangun kembali kemampuan mereka?
  • Kesalahan (Errors) : Berapa banyak kesalahan yang dilakukan pengguna, seberapa parah kesalahan tersebut, dan bagaimana dapat dengan mudah mereka pulih dari kesalahan?
  • Kepuasan (Satisfaction) : Seberapa menyenangkan untuk menggunakan desain tersebut ?

Dimensi dari usability juga telah diuraikan oleh Quesenbery (2003), yaitu:

  • Efektif. Kelengkapan dan akurasi dengan mana pengguna mencapai tujuan mereka.
  • Efisien. Kecepatan (dengan akurasi) dengan mana pengguna dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka.
  • Melibatkan user (Engaging). Sejauh mana nada dan gaya antarmuka membuat produk yang menyenangkan atau memuaskan untuk digunakan.
  • Kesalahan toleran (Error tolerant). Seberapa baik disain mencegah kesalahan dan membantu pemulihan dari yang yang terjadi.
  • Mudah untuk dipelajari. Seberapa baik produk mendukung orientasi awal dan memperdalam pemahaman kemampuannya.

Berdasarkan komponen tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pada bidang Jual Beli Online, situs perusahaan tersebut menjadi aset yang sangat berharga untuk menarik minat konsumen. Faktor usability secara tidak langsung, lantas menjadi tolak ukur suatu perusahaan bertahan hidup. Apabila homepage/ halaman home dinilai gagal untuk menjelaskan apa yang ditawarkan perusahaan serta apa yang dapat user lakukan, user akan meninggalkannya begitu saja.

2 Comments so far

  1. ALFA on January 17th, 2011

    jadi ini daftar pembahasan buat review tugas akhir blog, ras?

  2. retno.larasati08 on January 22nd, 2011

    iya, terserah mau pake usabilty menurut siapa

Leave a reply